thumbnail

DPMD Bangkalan Kukuhkan Pengurus FK-KPM

02 Desember 2018 : 13:28:18

DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan mengukuhkan Pengurus Forum Komunikasi Kader Pemberdayaan Masyarakat (FK-KPM) di Gedung PKP-RI Jalan Panglima Sudirman No 112 A Bangkalan, Rabu (22/03/2018). Acara pengukuhan itu dihadiri puluhan Pengurus FK-KPM, Perwakilan kecamatan dan sejumlah staekholder lainnya. 

Kepala Dinas DPMD melalui Kabid Lembaga Pemberdayaan Desa Ainul Rido dalam sambutannya menyampaikan, FK-KPM adalah unsur masyarakat yang dipilih melalui musyawarah dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala desa atau lurah. Kedudukan lembaga tersebut adalah sebagai mitra pemerintahan desa atau kelurahan untuk membantu program pembangunan dan pemberdayaan desa. “Sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 7 tahun 2007 permendes Nomor 3 tahun 2015. Lembaga ini juga sebagai pendamping desa,” katanya.

Disamping itu, lanjut Ainul, FK-KPM juga berfungsi sebagai wadah komunikasi, informasi, konsultasi serta kordinasi. Dengan terbentuknya FK-KPM ini diharapkan mampu tercipat hubungan dan kerjasama antara sesama FK-KPM. “Kami mengharapkan terbentuknya lembaga ini dapat mengembangkalan potensi-potensi desa untuk dikembangkan dan dikenalkan ke pihak luar,” ungkapnya. 

Selain itu, lembaga dibawah naungan DPMD ini dituntut untuk terus mengembangkan kreatifitas di lingkup tugasnya masing-masing. Anggota FK-KPM yang berprestasi akan diberikan reward oleh pemerintah. Untuk itu, keberadaan lembaga tersebut sangat diharapkan berkompetisi dengan baik. “Provinsi Jatim setiap tahun mengadakan penilaian terhadap FK-KPM. Penilaian ini dikemas dengan lomba. Maka dari itu harus dipersiapkan dari awal,” pungkasnya.

Berdasarkan Surat Keputusan nomor 188.45/243/KPTS/433.100/2018 tentang FK-KPM menyebutkan, Sebanyak 19 pengurus FK-KPM dari 18 kecamatan di kukuhkan. 19 orang ini dibagi satu orang satu kecamatan

Tag:

Bangkalan

RELATED POSTS